Kamis, 31 Desember 2009

Gerhana Bulan Warnai Kemeriahan Tahun Baru

lowongan kerja di rumah


Malam tahun baru, malam yang meriah karena ditemani gerhana bulan sebagian. Menurut LAPAN, akan ada gerhana bulan di malam pergantian tahun Kamis (30/12) besok yang diperkirakan jelas terlihat di belahan benua Eropa, Afrika dan Asia. Walaupun begitu, menurut LAPAN, bulatan bulan yang tertutup bayangan bumi hanya sekitar 7 persen. Namun, sayangnya gerhana bulan tersebut tidak akan tampak di langit Amerika Utara, dan gerhana bulan nantinya menjadi tanda masuknya bulan purnama kedua di Amerika Utara atau yang disebut dengan bulan biru.

Bersamaan dengan terbenamnya matahari di barat daya, maka bulan purnama akan muncul di sebelah timur. Kira-kira pukul 18.17 waktu setempat, bulan akan masuk ke bagian tergelap bayangan bumi, disebut dengan umbra. Sementara gerhana bulan tampil maksimal di jam 20.23, dan bulan akan bulan akan meninggalkan umbra pada pukul 20.53, dengan sisa bayangan akan menghilang pada pukul 22.28.

"Di seluruh wilayah Indonesia bisa mengamatinya. Gerhana akan dimulai pukul 01.53 WIB hingga 02.53 WIB dari semua wilayah yang bisa mengamati." menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar