Sabtu, 21 Februari 2009

Uji Kecepatan Internet dengan 10 Tool Online




Pernahkah kita mengetahui kecepatan bandwidth internet yang kita gunakan ? Jika belum, ayo kita test seberapa cepat upstream dan downstream dari ISP yang kita gunakan.

Ada 10 penyedia webservice yang bisa digunakan untuk mengujinya, dalam hal ini saya akan menguji kecepatan koneksi internet yang saya gunakan dengan semua tool dibawah ini, sbb :

1. Speed.io - Memiliki tampilan yang bagus. Tinggal tekan tombol speed test, dlm beberapa detik kita akan mendapatkan hasil ‘download’ dan ‘upload’ speed. Hasil bisa dishare ke forum atau link.

speed.io

2. 2Wire Speed Test - Kita hanya tinggal klik pada tombol “speed meter” di bagian atas halaman web, hasilnya akan segera ditampilkan seperti pada gambar.

2wire

3. McAfee Speed Test - Ini adalah layanan Internet connection speed meter dari McAfee. Tinggal tekan link ‘check speed’ dan hasil segera ditampilkan dengan sangat cepat!

mcafee-speedometer

4. Intel Speed Test - Kalo layanan ini disediakan oleh Intel. Tekan tombol “start” dan hasil ditampilkan dengan tampilan yang cool. Quick and reliable!

intel

5. Bandwidth Place - Layanan ini memiliki tampilan yang sangat sederhana sekali. Tinggal tekan tombol ’start’ lalu hasil akan ditampilkan.

bandwidth-place

6. Speedtest - Dengan layanan ini kita menguji dari beberapa server yang kita mau. Dengan tampilan yang atraktif dan memiliki banyak opsi, kita bisa mendapatkan hasil pengujian.

speedtest.net

7. Speakeasy - Situs ini mengizinkan kita untuk memilih pengujian dari server yang kita inginkan. Hasil akan ditampilkan seperti tampilan dibawah ini.

speakeasy

8. Kify Internet Speed Test - Cari tulisan ‘Test your Bandwidth Speed Now!’, klik link tersebut. Hasil akan ditampilkan secara komparative yaitu dengan membandingkan dengan jenis koneksi yang ada.

kify

9. Tracert - Mirip dengan tampilan diatas, kita diberikan gambaran tentang perbandingan kecepatan bandwidth yang ada.

tracert.org

10. CNET Bandwidth Meter - Untuk menguji dengan layanan ini, kita diminta untuk mengisi kode area (negara), type koneksi, atau juga ISP yang digunakan, kemudian tekan tombol ‘GO’ untuk mendapatkan hasil.

cnet

1 komentar:

  1. Wah bagus juga infonya..aku coba dulu aku pakai smart berapa sih ?? soalnya di tempatku sinyal naik turun

    BalasHapus