Senin, 02 Februari 2009

Setting Modem Speedy 4 (obengware.com)

Program Malware dapat menurunkan koneksi

Bila anda mengunakan layanan ADSL tanpa batas, sepertinya program malware tidak perlu anda pusingkan. Tetapi bagi mereka yang mengunakan layanan terbatas dimana dibebankan biaya sesuai pemakaian, besar kemungkinan program malware menjadi masalah besar.

Pernah ada kasus dimana seorang pelanggan mengunakan layanan ADSL yang hanya melakukan check email dan chatting bahkan hanya sesekali melakukan browsing pada situs tertentu ternyata dibebankan biaya berlipat. Kesalahan si pemakai ternyata computernya telah terinstall program yang tidak di inginka. Tagihan membengkak dikarenakan pemakai memiliki kebiasaan buruk dengan membiarkan modem DSL tetap bekerja dan computer yang dikiranya tidak terhubung ke internet ternyata sedang melakukan broadcast signal ke modem DSL. Hasilnya tentu bisa anda tebak, bahwa diam diam computer terus terhubung ke Internet tanpa diketahui si pemilik

Anda harus mengenal program tertentu seperti Malware yang akan mencuri bandwidth anda, kami bagi menjadi 2 kategori:

Jenis Spyware and Adware bisa dijadikan penyebab habisnya bandwidth anda. Walaupun kemungkinan anda jarang menemukan program jenis ini kecuali anda masuk ke situs tertentu. Program jenis ini paling menyebalkan karena paling kuat mengambil trafik internet. Bahkan bila sudah berada didalam computer, akan muncul pop up pada layar monitor dalam kurun waktu tertentu. Program jenis Spyware dan Adware dikategorikan juga sebagai Malware atau program yang tidak dikehendaki tetapi bekerja didalam computer dengan sendirinya.

Virus computer jenis WORM virus atau program cacing internet terkadang tidak saja membebankan koneksi internet, tetapi menganggu kinerja computer. Jenis WORM virus yang menginfeksi atau masuk kedalam computer sulit terditeksi bahkan sulit dikenali, kecuali anda memasang anti virus atau anda cukup ahli untuk mengetahui apakah ada program penyusup yang masuk kedalam computer.

Computer yang terinfeksi program WORM virus atau Virus computer terkadang sulit dirasakan, karena WORM virus dibuat sangat pintar untuk mencoba menginfeksi computer lain dan tidak secara terus menerus mengunakan koneksi internet. Pada saat WORM virus tidak aktif maka koneksi internet terlihat lancar tanpa hambatan, tetapi begitu program aktif maka internet anda akan menjadi lambat.

Jenis WORM virus tertentu bahkan dapat menginfeksi computer lainnya, misalnya satu buah computer sudah terinfeksi akan menyerang computer lain didalam jaringan. Hasilnya bila satu buah computer dibersihan dari WORM virus tetapi tidak dibuatkan penangkalnya, maka dalam beberapa saat akan terinfeksi kembali dari computer lain. Perlu diingatkan juga, beberapa WORM virus memiliki sistem kerja berbeda atau secara random. WORM virus memang dibuat pintar, pada beberapa saat computer dihidupkan tidak terlihat aktif. Tetapi setelah beberapa saat jenis WORM virus tertentu dapat mengila dan terus melakukan broadcast baik kedalam sistem jaringan maupun internet.

Untuk mengetahui malware program anda dapat melihat artikel terdahulu pada Adware Spyware WORM virus Virus 11 Des 05


Disiplin mengunakan internet

Bila anda memiliki banyak uang, mungkin anda tidak perlu membaca ulasan pada bagian ini. Bila anda begitu peduli untuk kecepatan modem dan dana terbatas ada tip untuk menjaga tagihan anda untuk tidak membengkak

1. Menjaga computer dengan mengaktifkan Firewall, baik untuk modem DSL maupun pada computer anda.
2. Aktifkan modem DSL anda ketika anda perlukan dan biasakan mematikan modem secara manual
3. Matikan program auto update seperti Windows Update bila anda benar benar tidak memerlukan. Jenis Windows XP secara berkala memeriksa update melalui internet, bahkan melakukan update dan mendownload update secara otomatis. Demikian juga sistem auto update pada software lainnya seperti Anti Virus.
4. Jauhi situs situs yang anda curigai untuk meminta anda menginstall program Malware.
5. Gunakan program Chat seperlunya, karena iklan pada program gratis akan tampil berkala dan mengambil data melalui jaringan internet
6. Install program anti virus dan anti spyware untuk menjaga computer anda tetap bersih.

Demikian ulasan dari mengunakan koneksi ADSL, setidaknya anda sudah mengetahui bahwa mengunakan koneksi ADSL tidak serumit yang anda bayangkan. Koneksi ADSL saat ditawarkan lebih murah dibandingkan koneksi Dial-up dengan batasan minimum biaya dari layanan service yang ada.

Berapa cepat layanan yang kami coba, ternyata memilik peak 43.7KB perdetik untuk malam hari.

Dengan artikel ini kami harapkan anda cukup mendaftar ke layanan ADSL untuk internet dan dapat melakukan installasi untuk modem DSL anda sendiri dan dalam 2 atau 3 hari anda sudah bisa grennggg ber ADSL ria.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar