Minggu, 15 Februari 2009

Cara Menerima Pembayaran Western Union Untuk Google Adsense



Pembayaran Google Adsense saat ini sudah dapat dilakukan melalui layanan pengiriman Western Union. Adanya pilihan pembayaran pendapatan Google Adsense melalui Western Union ini merupakan kabar baik bagi para pemilik account Google Adsense mengingat pilihan Western Union akan memungkinkan penerimaan uang dilakukan lebih cepat, berbiaya lebih murah, dan dapat diterima di berbagai agen Western Union yang jumlahnya banyak.

Pilihan pembayaran melalui Wetern Union ini terbatas untuk account personal Google Adsense, bukan pemilik account atas nama bisnis. Western Union sendiri merupakan layanan transfer uang secara international melalui agen-agennya yang menyebar di berbagai negara termasuk Indonesia.

Untuk mengakses pilihan pembayaran menggunakan Western Union, pilihlkan tab My Account, terus pilih Account Settings, dan klik 'edit' di samping pilihan Payment Detail.

Pencarian agen terdekat Western Union bisa dilakukan melalui pencarian Agent Locator dengan memasukkan nama negara dan nama kota. Untuk Bandung misalnya, akan ditemukan berbagai cabang PT. Pos Indonesia, Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri, BRI, BII, Bank Artha Graha, Pegadaian, dan beberapa Bank perkreditar rakyat (BPR). Dengan banyaknya pilihan agen ini tentunya akan semakin mudah mencapai lokasi yang terdekat.

Dengan memilih untuk dibayar melalui Western Union kemungkinan uang diterima juga lebih cepat, karena begitu Google mengeluarkan pembayaran yang sudah muncul dalam payment History maka pengambilan pada agen Western Union juga sudah dapat dilakukan, tidak perlu menunggu beberapa minggu bahkan hitungan bulan seperti ketika menggunakan cek.

Selain itu biaya yang mungkin dikeluarkan lebih murah dibandingkan biaya pencairan cek Google Adsense, karena berdasarkan informasinya biaya yang perlu dikeluarkan oleh penerima adalah bea materai yang besarnya paling besar Rp6.000,00 jika pembayarannya melebihi Rp1.000.000,00, sedangkan untuk pembayaran antara Rp250.000,00 s.d. Rp1.000.000,00 beanya sebesar Rp3.000,00.

Memilih Metode Pembayaran melalui Western Union Untuk dapat memilih pembayaran pendapatan Google Adsense melalui Western Union, hal yang perlu dilakukan adalam masuk ke account Google Adsense kemudian masuk ke menu My Account – Account Setting. Kemudian lihat pada bagian Payment Details, dan pada pilihan yang ada pilih Western Union Quick Cash.

Langkah berikutnya adalah konfirmasi nama penerima pembayaran yang akan dicantumkan dan persetujuan ketentuan. Yang perlu diperhatikan adalah nama yang sesuai dengan kartu identitas seperti KTP,SIM, atau paspor yang nantinya akan diperlukan ketika mengambil pembayaran di agen Wetern Union. Mengambil Pembayaran di Agen Western Union.

Untuk dapat mengambil uang pembayaran Google Adsense di agen Western Union, sebelumnya perlu memastikan bahwa Google telah mengirim pembayarannya melalui Western Union. Ini juga perlu dilakukan untuk melihat kode MTCN (Money Transfer Control Number) yang dapat ditemukan dengan mengklik link details disamping Payment Issuedpada halaman Payment History.

Setelah itu lakukan pencarian Agen Western Union terdekat yang dapat dijangkau melalui pencarian Agent Locator. Disarankan sebelum mendatangi langsung, kita menelpon terlebih dahulu untuk memastikan bahwa kantor pos, Bank, atau BPR yang dituju memang dapat menerima dan mencairkan pembayaran Western Union. Setelah dipastikan, selanjutnya menyiapkan hal-hal yang diperlukan ketika mengambil pembayaran di agen Wetern Union, yaitu:

* Kartu identitas seperti KTP, SIM, atau paspor.
* Informasi pengirim, dalam hal ini adalah Google dengan identitas: Google Inc. 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, California 94043, USA. Phone Number: 650-253-4000
* Jumlah uang yang akan diambil yang informasinya dapat ditemukan pada halaman Payment History Google Adsense.
* Kode unik MTCN sebagai nomor referensi atau kode transfer.

Setelah semua siap, selanjutnya datang langsung ke agen Western Union, membayar bea materai yang diharuskan, dan seharusnya pembayaran sudah dapat diterima pada saat itu juga setelah mengisi formulir pengambilan uang Western Union.

Hal lain yang perlu diingat ketika memilih opsi pembayaran melalui Western Union Quick Cash adalah uang harus diambil dalam waktu 60 hari setelah dilakukan pembayaran oleh Google, dan jika belum diambil dalam rentang waktu tersebut maka pembayaran akan dikembalikan ke account Google Adsense. (maseko)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar